Resep Cumi Asam Manis

Resep Cumi Asam Manis Lezat dan Penuh Manfaat

Resep Cumi Asam Manis – Indonesia memang terkenal sebagai salah satu penghasil budidaya laut tersebar di dunia. tidak heran kerena memang hampir 2/3 wilayah negara kita berupa lautan. Untuk itu kita sebagai warga dari negara bahari seharusnya ikut gemar mengkonsumsi hasil laut, salah satunya adalah cumi. Cumi juga salah satu hasil lautan yang sangat di gemari banyak warga negara Indonesia. Cumi bisa kita masak dengan berbagai cara salah satunya cumi asam manis. Dalam proses memasak cumi juga sangat mudah dan yang paling penting tahu resepnya. Hehehe

Selain terkenal karena kelezatan rasanya, daging cumi yang teksturnya kenyal ini juga banyak mengandung gizi dan manfaat penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Selain protein hewaninya yang cukup tinggi, Selain itu cumi juga mengandung banyak vitamin, asam amino esensial, zat besi dan omega 3. Cumi juga bisa membantu meningkatkan nafsu makan pada anak anak dalam masa pertumbuhan, kesehatan jantung. Dari hasil riset terbaru menyatakan masakan cumi asam manis juga bagus untuk pembentukan sel darah merah pada tubuh kita. Bagaimana sangat banayk sekali bukan manfaat cumi asam manis.

Tentang Bale Bengong  Gallery  Tempat Berbuka Puasa yang Cocok di Jogja

Buat sebagian besar dari kita, salah satu kendala untuk membuat Resep Cumi Asam Manis adalah mengolah daging cuminya. Untuk mengolah cumi menjadi masakan yang lezat memang butuh tips khusus. Karena sifat dasar dari cumi yang memang kenyal dagingnya, maka ada beberapa tips khusus yang harus diperhatikan. Salah satu yang penting adalah jangan memasaknya terlalu lama. Kalau terlalu lama, daging cumi asam manisnya akan kembali alot dan kenyal sekali. Jadi setelah kita membuat bumbu cumi asam manisnya, daging dimasukkan dan dimasak tapi jangan terlalu lama supaya teskturnya empuk. Kalau perlu, daging cuminya kita masukkan ke lemari pendingin. Soalnya kalau terlalu lama di suhu ruangan dagingnya nanti akan alot dan keras kalau dimasak.

Selain bumbu asam manis yang memberikan aroma dan rasa khas yang lezat di masakan cumi ini, pengolahan daging cuminya sendiri harus diperhatikan juga. Kadang kita pernah membeli masakan Resep Cumi Asam Manis ini tetapi masih tercium aroma yang amis bukan. Atau saat kita memasak cumi goreng tepung atau cumi saus tiram aroma khas cuminya masih menempel. Tips untuk mengatasi ini adalah sebelum membuat resep cumi asam manis, daging cumi yang sudah dicuci bersih sebaiknya di lumuri dengan air jeruk nipis dan didiamkan selama beberapa menit supaya meresap dan bau amisnya hilang. Untuk yang sudah tidak sabar, silahkan melihat cara membuat cumi bumbu asam manis beserta bahan bahan apa saja yang dibutuhkan dibawah ini.

Resep Cumi Asam Manis Penuh Manfaat enak dan empuk, Bahan bahan Resep Cumi Asam Manis Empuk Lezat

  1. Bbahan utama yang dibutuhkan adalah cumi segar kualitas baik kurang lebih sebanyak 1/2 kg saja.
  2. Air jeruk nipis secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1-1.5 sendok makan untuk melumuri daging cuminya.
  3. Gula pasir secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1/2 sendok kecil saja.
  4. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  5. Serai 2 batang. Ambil bagian putihnya saja lalu potong potong serong supaya aromanya keluar dan meresap.
  6. Air bersih secukupnya.
  7. Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbunya atau kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.

Bahan Bumbu Resep Cumi Asam Manis penuh manfaat

  1. Bawang bombay ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 1 pcs saja. Kupas kulit luarnya lalu iris iris memanjang kecil.
  2. Bawang merah ukuran sedang kecil kurang lebih sebanyak 10 pcs. Kupas kulit luarnya lalu cincang halus.
  3. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 siung saja. Kupas kulit bawangnya lalu cincang halus juga supaya aromanya lebih harum.
  4. Jahe ukuran sedang kurang lebih sepanjang 0.5 cm saja. Kupas kasar kulit luarnya lalu geprak atau memarkan.
  5. Buah tomat segar kurang lebih sebanyak 1 pcs saja. Cuci bersih lau potong potong bentuk kotak kecil atau serong (tergantung selera).
  6. Buah cabai merah besar secukupnya sesuai selera. Cuci bersih lalu iris iris kecil.
  7. Buah cabai rawit secukupnya sesuai selera. Cuci bersih lalu iris kecil kecil.
  8. Saus sambal kalau suka (bisa dihilangkan karena sudah memakai cabai atau bisa dikombinasikan keduanya).
  9. Daun bawang segar 1 batang saja. Cuci bersih lalu rajang kecil kecil.
  10. Kecap secukupnya sesuai selera.

Cara Membuat Resep Cumi Asam Manis Yang Mudah dan Cepat

  1. Langkah pertama kita bersihkan cumi dari kulit luarnya, cangkang kepala dan tinta kalau masih ada.
  2. Potong potong cumi dengan besar sesuai keinginan lalu cuci bersih dengan air mengalir lalu tiriskan.
  3. Tuang air jeruknya lalu lumuri cumi yang sudah dipotong sampai rata untuk menghilangkan bau amis yang kemungkinan masih nempel.
  4. Setelah itu diamkan sebentar (kurang lebih 13 menit). Kalau bisa taruh di lemari pendingin untuk menjaga suhunya tetap dingin setelah itu cuci bersih lagi dengan air mengalir kemudian tiriskan. Kalau tidak dicuci lagi, biasanya rasanya nanti menjadi sedikit pahit.
  5. Siapkan penggorengan dengan api sedang kecil kemudian beri minyak goreng secukupnya.
  6. Masukkan bawang putih, bawang bombay, bawang merah, daun bawang, tomat, cabai merah, cabai rawit, batang serai dan jahenya. Aduk aduk sampai tercium bau harum khas tumisannya.
  7. Masukkan daging cumi yang sudah dipotong, saus pedas (kalau suka), kecap manis sedikit saja, gula pasir dan garam dapur beryodiumnya. Aduk aduk sebentar sampai semua bahan tercampur rata.
  8. Tuang air sedikit saja dan aduk aduk kembali sampai semua bahan matang (jangan terlalu lama, cukup sekitar 10 menitan saja supaya daging cuminya tidak keras).
  9. Cicipi dahulu dan tambahkan garam, gula atau kecap kalau diperlukan dan kemudian aduk aduk kembali.
  10. Matikan kompor dan angkat kemudian taruh di piring sajian.

Selesai sudah cara memasak Resep Cumi Asam Manis diatas. Resep Cumi Asam Manis  dengan bumbu asam manis diatas citarasanya memang sedikit pedas. Kalau tidak terlalu suka pedas, penggunaan buah cabainya bisa dikurangi atau malah dihilangkan. Untuk membuat resep cumi asam manis diatas tidak memerlukan waktu yang cukup lama bukan. Cukup 10-15 menit saja sudah tercipta hidangan spesial buat keluarga. Selamat mencoba.

IT Partner & Solutions Web Hosting dan Domain

Sumber: resepcaramemasak

Tempat Berbuka Puasa yang Cocok di Jogja

Tempat Berbuka Puasa yang Cocok di Jogja

Tempat Berbuka Puasa yang Cocok di Jogja salah satunya adalah Resto Kami Bale Bengong. Disini anda akan menikmati nuansa kuliner seafood khas bale bengong yang di jamin mengguah selera dan membuat anda ketagihan. Mengapa anda harus ke sini karena disini anda kan mendapatkan pelayanan yang baik, tempat yang nyaman dan menu-menu makanan yang lezat.

Tempat Berbuka Puasa yang Cocok di Jogja

Tempat Berbuka Puasa yang Cocok di Jogja

Tempat Berbuka Puasa yang Cocok di Jogja ini saat ini sebuah rumah makan atau resto tidak hanya menyajikan makanan yang mengutamakan cita rasa dan pelayanan saja tetapi juga memberikan fasilitas yang mendukung untuk membuat para pengunjungnya merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama berada di tempat kita. Fasilitas yang ditawarkan pun berbagai macam mulai dari penyediaan free wifi, mushola dan alunan musik yang akan menemani jam makan anda. Adanya fasilitas tersebut meningkatkan nilai tambah bagi rumah makan atau resto Bale Bengong.

Tentang Bale Bengong  Gallery  Tempat Berbuka Puasa yang Cocok di Jogja

Selain menu seafood, Tempat Berbuka Puasa yang Cocok di Jogja Bale Bengong juga menyediakan berbagai menu seperti Ayam Bakar Bale, Ayam Goreng Lengkuas, Ayam Goreng Mentega, Ayam Bakar Bumbu, Ayam Cabai Hijau dan masih banyak lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan makanan sehat anda pun juga bisa menambahkan sayur dengan berbagai jenis masakan yang tentunya juga akan menambah selera makan anda.

Anda bersama rekan atau keluarga pun juga bisa untuk sekedar nongkrong sembari bersendau gurau sambil menikmati sajian kopi hitam, teh, atau susu jahe panas ditemani singkong goreng sambal terasi, tahu goreng tepung dengan taburan bawang merah dan cabe rawit goreng, tempe mendoan, singkong nugget dan pisang goreng siap disajikan untuk anda.

Di Tempat Berbuka Puasa yang Cocok di Jogja Bale Bengong juga menyediakan berbagai menu paket makan pilihan yang tentunya dibandrong dengan harga yang relative terjangkau berkisar dari Rp 20.000 hingga Rp 35.000. Sangat terjangkau, bukan? Jadi, buat anda yang ingin menyantap hidangan seafood, Bale Bengong menjadi pilihan yang tepat.

Nah jadi tunggu apa lagi, jika anda mencari referensi Tempat Berbuka Puasa yang Cocok di Jogja anda bisa datang ke tempat kami ini, kami akanmenyambut anda dengan memanjakan lidah dan membuat anda nyaman dengan tempat yang sudah kami sediakan.

IT Partner & Solutions Web Hosting dan Domain

6 Pilihan Santap Kuliner Di Dekat Prambanan

6 Pilihan Santap Kuliner Di Dekat Prambanan

6 Pilihan Santap Kuliner Di Dekat Prambanan – Prambanan merupakan kawasan di perbatasan wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dengan propinsi Jawa Tengah yang dikenal dengan keberadaan wisata Candi Prambanan. Candi Prambanan, Candi ini adalah termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Tetapi disini tidak akan membahas soal spot terkenal tersebut, tapi adalah mengenai resto yang ada didekat daerah Candi Prambanan tersebut. Beberapa daya tarik kuliner ditemukan di sekitar kawasan tersebut, salah satunya adalah Resto Bale Bengong. Berikut daftar menu 6 Pilihan Santap Kuliner Di Dekat Prambanan yang menarik lezat untuk anda nikmati:

6 Pilihan Santap Kuliner Di Dekat Prambanan

6 Pilihan Santap Kuliner Di Dekat Prambanan

  1. Udang Bakar Bambu Khas Bale Bengong
    Satu ruas bambu yang sudah hangus bagian luarnya, disumpal dengan daun pisang, dan isinya dituangkan ke cambung besar. harum nikmat sajian kuliner menu satu ini. Pembuatannya: Udang galah (udang sungai dengan capit panjang) berukuran kecil dibakar di dalam tabung bambu dengan bumbu-bumbu yang ditumis dan dicampur sedikit air. Hasilnya adalah masakan yang mirip udang kukus, tetapi dengan aroma bambu dan daun pisang yang sungguh indah. Kuahnya yang mirip sup encer sangat segar dan gurih. Ada tone sereh dan bumbu-bumbu lain-lain yang tampil dengan cantiknya. Kuahnya seperti layaknya minum kuah sup. Udangnya dimasak matang sempurna. Daging udangnya succulent (nyakreuk), dan terasa manis sekali.
  2. Gurame Bakar Bale
    Daging Gurame yang tebal sangat cocok sekali untuk dioleh menjadi gurame bakar, daging ikan gurame yang selain terkenal akan dagingnya yang empuk dan lembut juga terkenal akan kelezatan dan citarasa yang tinggi dari daging ikan air tawar yang satu ini.
    Ikan gurame dilumuri dengan garam dan merica secukupnya dan biarkan kurang lebih 30 menit sampai bumbu meresap. Lalu Bakar ikan gurame tersebut di atas bara api yang kecil sampai setengah matang. Jangan lupa dibolak balik. Angkat. Bumbu yang digunakan seperti bawang putih, cabai, kemiri, kunyit, merica, tomat dan resep rahasia Bale Bengong. Gurame Bakar Bale sudah terkenal dan selalu memanjakan lidah yang memesannya.
  3. Cumi-cumi goreng tepung
    Hidangan favorit ini ternyata disantap sebagai makanan pembuka (appetizer) atau makanan utama (main course), lho. Di Indonesia sendiri, cumi goreng tepung biasa disantap dengan sepiring nasi putih hangat. Sementara itu, di negara bagian barat cumi goreng tepung dikenal sebagai fried calamari yang biasa disajikan sebagai hidangan pembuka atau camilan.
    Dengan menggunakan cumi yang segar dan bahan-bahan spesial Bale Bengong menjadikan cumi goreng tepung terasa empuk, renyah dan lezat.
  4. Kepiting Saus Tiram
    Berbicara tentang kepiting, apakah anda suka Kepiting? Kepiting ini biasanya dimasak saus tiram. Meskipun daging Kepiting tidak sebanyak daging ayam ataupun sapi namun bagi para pecinta Kepiting tak akan mempermasalahkan seberapa besar isi dagingnya. Kepiting Saus Tiram dapat memberikan rasa yang luar biasa dan sensasi saat memakannya berbeda dengan makan masakan seafod lainnya. Rasa manis, asam, pedas nya dari Kepiting Saus Tiram menjadi santapan yang wajib bagi para pencinta seafod.
  5. Kerang Saus Tiram
    Kerang asam manis pedas yang dimasak dengan saus tiram memang sangat menggoda selera. Bagi penggemar seafood, kerang merupakan hidangan yang tak boleh terlewatkan baik untuk menu hidangan utama ataupun sekedar untuk teman bersantai. Citarasanya yang gurih berpadu dengan bumbu-bumbu pedas asam manis mampu membuat air liur mengalir deras. Kerang saus titam yang ada di Resto Bale Bengong juga wajib anda coba, karena bisa membuat rasa lapar anda hilang dan kelezatan yang tidak ada duanya.
  6. Sop Buntut
    Banyak sekali pecinta kuliner yang suka sop buntut, namun masih banyak yang merasa kesulitan memasaknya. Beragam keluhan muncul, dari sulitnya membuat buntut empuk sampai menghilangkan lemaknya. Nah untuk itu anda tak perlu bersusah payah membuatnya, karena di bale bengong tersedia menu kuliner sop buntut dengan di olah secara khas, daging akan terasa empuk serta kandungan gizi yang sangat tinggi.

Berlamatkan di Jl. Solo Km No.12, Tirto Martani, Kalasan, Yogyakarta, Resto Bale Bengong merupakan salah satu resto yang memiliki nuansa alami berkonsep Bali yang cukup kental serta view pedesaan yang masih natural dan menyajikan kuliner khas yang berbahan dasar utama seafood. Dengan menu andalan Udang Bakar Bambu yang tentunya memiliki kualitas rasa yang sangat lezat serta bahan seafood yang masih sangat fresh akan membuat para penikmatinya ketagihan.

Tentang Bale Bengong  Gallery  6 Pilihan Santap Kuliner Di Dekat Prambanan

 6 Pilihan Santap Kuliner Di Dekat Prambanan dari Bale Bengong memiliki tempat VIP yang sangat cocok digunakan untuk menjamu para tamu penting, rapat, jamuan pernikahan, prasmanan, catering dan pesan antar. Dengan segala fasilitas yang tersedia, anda beserta rekan ataupun keluarga pasti sangat nyaman. Fasilitas yang tersedia mulai dari Hotspot Area, Mushola, 7 romantic Gazebo, Privat Meeting Room, Parkir yang cukup luas dan Layanan Delivery Service.

Itulah 6 Pilihan Santap Kuliner Di Dekat Prambanan, Selamat Bersantap Kuliner Teman Teman

IT Partner & Solutions Web Hosting dan Domain

Kuliner Seafood di Jakarta Timur

Kuliner Seafood di Jakarta Timur

Kuliner Seafood di Jakarta Timur – Bale Bengong merupakan salah satu Resto dengan menu andalan seafood yang ada di daerah Jakarta Timur dan Jogja. Bale bengong tidak pernah gagal membuat lidah para pengunjungnya berdecak. Dengan menu yang besar dan tepat yang sangat luas sangat cocok jika digunakan untuk makan bersama keluarga, rekan atau pun untuk menjamu para tamu penting, jamuan pernikahan dan juga dapat digunakan untuk rapat.

Tentang Bale Bengong  Gallery  Kuliner Seafood di Jakarta Timur

Jika anda datang ke Kuliner Seafood di Jakarta Timur Bale Bengong, jangan lupa untuk mencoba menu yang menjadi primadona para pengunjung disana yaitu Undang Bakar Bambu. Dari namanya yang terdengar unik, ternayat pengolahan dan rasa yang dihasilkan pun juga tidak kalah unik. Udang galah berukuran kecil dibakar di dalam tabung bambu lengkap dengan tumisan bumbu-bumbu yang dicampur dengan sedikit air. Hasilnya, masakan Kuliner Seafood di Jakarta Timur  ini lebih mirip dengan udang kukus tapi aroma bambu dan daun pisang yang menerobos masuk ke dalam hidung mampu menggoda lidah untuk mencicipi langsung makanan ini. Kuahnya yang mirip sup juga terasa sangat segar dan gurih. Walaupun, pengolahan yang dimasukkan kedalam tabung tetapi tekstur dari daging udangnya matang merata. Membuat dagingnya terasa manis dan sedikit gurih, pokoknya mantap dan lezat.

Selain Udang Bakar Bambu, menu makanan lainnya di Kuliner Seafood di Jakarta Timur  yang disajikan pun memiliki rasa yang tidak kalah untuk tetap ingin membuat lidah bergoyang. Mulai dari Kepiting bakar bale, cumi goreng telur asin, ikan kakap merah, aneka masakan belut dan aneka masakan daging. Jadi, anda bisa memesan berbagai menu tersebut sesuai dengan selera anda. Jika anda sudah memesan, anda akan sangat menikmati disetiap gigitannya.

Dari cita rasa Kuliner Seafood di Jakarta Timur ini sudah tidak perlu diragukan lagi, lalu ditambah dengan sajian pemandangan pedesaan yang hijau dan asri serta suasana Bali yang sangat kental menciptakan waktu makan anda semakin lengkap. Jadi, sembari anda memajakan lidah dan perut, anda juga memanjakan mata anda. Sebuah pemandangan yang hijau membuat pikiran kita menjadi lebih fresh dan menghilangkan kepenatan setelah lelah melakukan aktivitas.

Kuliner Seafood di Jakarta Timur Bale Bengong menjadi tempat yang sangat recommended buat makan dalam kuantitas orang yang cukup besar. Jadi, buat anda yang ingin menghabiskan waktu makan siang atau pun malam, Bale Bengong lah yang menjadi pilihan utamanya. Anda juga bisa menikmati fasilitas yang tersedia seperti 7 romantic Gazebo, Hotspot Area, Privat Meeting Room. Parkir yang cukup luas dan Layanan Delivery Service.

Ditemani dengan menu sajian kopi hitam, teh, atau susu jahe panas ditemani singkong goreng sambal terasi, tahu goreng tepung dengan taburan bawang merah dan cabe rawit goreng, tempe mendoan, singkong nugget dan pisang goreng siap disajikan untuk anda dan menjadikan waktu anda lebih lengkap bersama Kuliner Seafood di Jakarta Timur Bale Bengong.

IT Partner and Solutions

Family Resto di Jakarta Timur

Family Resto di Jakarta Timur

Family Resto di Jakarta Timur – Bagi anda masyarakat yang bertempat tinggal di Ibu Kota pasti jarang atau tidak pernah sama sekali melihat pemandangan yang hijau ditengah padatnya perkotaan. Jika anda melihat pemandangan seperti itu, kemungkinan besar anda harus pergi dulu ke tempat wisata yang memiliki pemandangan yang hijau dan segar seperti puncak, taman kota dan sejeisnya. Tetapi kini, anda dapat mengunjungi pemandangan yang hijau sekaligus menikmati sajian kuliner yang menggugah selera tanpa harus pergi ke puncak. Buat anda pecinta seafood juga tidak perlu datang ke daerah pantai untuk tetap menikmati segala kuliner yang berbau seafood. Tetapi diFamily Resto di Jakarta Timur  akan dimanjakan dengan pemandangan hijau dari persawahan yang ada.

Tentang Bale Bengong  Gallery  Family Resto di Jakarta Timur

Family Resto di Jakarta Timur  Bale Bengong, tentu membuat kita segera berkesimpulan bahwa rumah makan ini menghadirkan masakan Bali. Di Bali, bale bengong adalah penamaan umum atau istilah untuk gazebo. Bila melihat eksterior dan interiornya, juga musik latar belakangnya, terasa sekali suasana Bali yang ingin dihadirkan. Hal ini tentu membuat kita segera berkesimpulan bahwa rumah makan ini menghadirkan masakan Bali. Tetapi, bila melihat sajiannya, barulah kita menyadari unsur kuliner lain. Yaitu kuliner yang berbau khas Makassar.

Jika anda datang ke Family Resto di Jakarta Timur  Bale Bengong, anda harus mencoba menu Udang Bakar Bambu yang siap menggoyang lidah anda. Karena rasa khas yang diciptakan dari menu ini begitu unik dan sangat wajib dicoba. Selain rasa, pengolahannya pun juga tergolong unik. Yaitu, Udang galah berukuran kecil dibakar di dalam tabung bambu lengkap dengan bumbu-bumbu yang dicampur dengan sedikit air. Hasilnya, masakan Family Resto di Jakarta Timur  ini mampu menggoda lidah untuk mencicipi langsung makanan ini. Kuahnya yang mirip sup juga terasa sangat segar dan gurih. Walaupun, membakarnya di dalam tabung tetapi daging udangnya matang secara merata. Dagingnya terasa manis dan sedikit gurih, yang pasti akan menggugah selera makan anda.

Selain kualitas rasa dan tempat yang diperhatikan. Para pengunjung Family Resto di Jakarta Timur  Bale Bengong pun juga diperhatikan dengan tersedianya layanan 7 romantic Gazebo, Hotspot Area, Privat Meeting Room. Parkir yang cukup luas dan Layanan Delivery Service. Sehingga, anda yang ingin mengadakan acara perjamuan pernikahan, perjamuan para tamu penting, rapat, atau hanya sekedar makan bersama keluarga sangat pas sekali.

Bagi anda yang juga hanya ingin menikmati waktu bersantai dan nongkrong dengan suasana tenang bersama teman-teman pun juga sangat bisa tinggal mampir saja ke Family Resto di Jakarta Timur  Bale Bengong. Seraya memanfaatkan Hotspot area yang tersedia, anda juga memilih sajian kopi hitam, teh, atau susu jahe panas ditemani singkong goreng sambal terasi, tahu goreng tepung dengan taburan bawang merah dan cabe rawit goreng, tempe mendoan, singkong nugget dan pisang goreng yang siap disajikan sebagai pelengkap waktu bersantai anda.

Masalah harga, anda tidak perlu khawatir karena Family Resto di Jakarta Timur  Bale Bengong juga menyediakan berbagai paket yang memiliki harga mulai dari Rp 65.000. Ada juga paket yang bisa buat 10 orang dengan harga mulai dari Rp 750.000. Jadi, Bale Bnegong sangat cocok sekali buat anda yang suka makan rame-rame.

IT Partner & Solutions